SITU PATENGAN (CIWIDEY)

SITU PATENGAN (CIWIDEY)

jadi inget masa-masa SMP ldks ke situpatengan bandung tempat nya asik banget gak bisa di ungkapakan dengan kata-kata..hehe

Situ Patenggang

Situ Patengan atau Situ Patenggang berasal dari Bahasa Sunda. Situ berarti danau, sedangkan patengan/patenggang berasal dari kata pateang-teangan yang berarti saring mencari

.

Situ Patenggang mempunyai kisah yang konon, mengisahkan Cinta Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi yang besar bersama alam. Ki Santang dan Dewi Rengganis mereka berpisah untuk sekian lama, karena cinta mereka yang begitu dalam mereka saling mencari dan akhirnya mereka dipertemukan kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan Batu Cinta. Dewi Rengganis pun minta dibuatkan sebuah danau dan sebuah perahu untuk berlayar, perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (pulau asamara/pulau Sasaka).

 

 

Menurut cerita ini berkembanglah sebuah mitos, yaitu bagi pasangan kekasih yang ingin hubungannya langgeng datanglah ke Situ Patenggang dan singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara senantiasa mendapatkan cinta yang abadi seperti mereka.

Pengunjung tidak akan bisa melupakan dengan keindahan alam Situ Patenggang dengan luas mencapai sekitar 60 Ha dan keindahan di sekitarnya, seperti area perkebunan teh Rancabali yang menghampar luas sertas kawasan hutan pinus cagar alam Patenggang yang asri dan sejuk.

Pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alam di sekeliling danau dengan speed boat, perahu dayung warna-warni, sepeda air, dan genjot bebek yang disewakan. Di sekitar Situ Patenggang, terdapat jajaran kios pedagang yang menyediakan jajanan khas ciwidey seperti strawbery dan terdapat berbagai fasilitas lainnya seperti area parkir, mushola,  MCK dan rumah makan.

Kawasan Situ Patenggang terletak di Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali Kab. Bandung, kawasan ini berjarak sekitar 47 KM ke arah selatan dari pusat Kota Bandung. Dari Bandung, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dapat langsung menuju kawasan Situ Patenggang melewati Kota Ciwidey, bagi pengunjung yang menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan dua alternatif angkutan dari Terminal Bus Leuwipanjang Bandung, yaitu naik Bus jurusan Bandung-Ciwideyatau naik angkutan kota sampai terminal Ciwidey, dari terminal Ciwidey naik angkutan pedesaaan ke Kawasan Situ Patenggang.

Untuk masuk kawasan Situ Patenggang, para pengunjung hanya dikenakan biaya tiket Rp.4000,- per orang. Apabila yang menggunakan kendaraan pribadi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.10.000,- untuk setiap mobil.

Tak jauh dari Kota Bandung, tepatnya di Kecamatan Rancabali sekitar 47 km selatan Kota Bandung terdapat sebuah kawasan sejuk dikelilingi kebun teh Rancabali yang bernama Situ Patengan (Danau Patengan).

Tour Murah Bandung Ciwidey – FULLDAY (Corporate).

Biaya per peserta: Rp. 375.000.
Obyek wisata: Kawah Putih, Situ Patengan, Kampung Strawberry, Pusat oleh2/FO.
Termasuk Dalam Harga : Bus New 2010 AC/LCD TV/DVD/Karaoke, Snack Box, Makan Siang Prasmanan, Tiket Obyek Wisata, Air Mineral, Free T-shirt atau Topi Seragam, Tour Leader, Tol, Parkir.

Kondisi:
* Promo berlaku untuk keberangkatan s/d 30 November 2010.
* Harga berlaku untuk minimum jumlah peserta 100 orang (untuk Group di bawah 100orang, harga ada kenaikan).
* DP 25% 1 bulan sebelum keberangkatan.
* Pelunasan pembayaran 7 hari sebelum keberangkatan.
* Presentasi to client company is available.

story From bandung

visitindonesiayear2008 copykemaren malam saya baru balik dari bandung dan baru bisa nulis perjalanan saya sekarang….
saya berangkat selasa pagi dari stasiun gambir
naik kereta argo gede(rp.50000),turun di stasiun hall bandung…
tujuan saya pertama ialah LIsung cafe
Dari stasiun Hall bandung naik angkot jurusan St.hall-Dago(3000) turun di terminal dago naek ojek bilang ke lisung cafe dago pakar(5000)
ternyata letak lisung cafe lebih atas dari valley…sampai lisung cafe pesan makan sama minum udah saya pandangi suasana kota bandung dari cafe ini berikut fotonya


terus dari lisung cafe karena ga ada ojek terpaksa nunggu angkot yng jarang, ternyata ada angkot ke atas tapi jarang…sampai akhirnya ada angkot yg turun keterminal dagonya itu harganya(3000)

terus dari terminal dago langsung ke ciwidey karena saya ga tau kalau ada yg langsung ke lewi panjang(DAMRI) dari terminal dago akhirnya saya naek angkot jurusan DAGO-kelapa(3000)
tapi sampai dikelapa saya jalan sebentar ke alun-alun bandung jadi kepasar yg didepan mesjid bandung dulu deh liat2 distro…karen dah sore saya langsung kelewi panjang naek angkot jurusan
kelapa-lewi panjang(3000) dan lagi2 sesampainya di lewi panjang saya tertarik ke cibaduyut karena deket dari lewi panjang saya jalan kaki aja ke cibaduyut tempat sepatu-sepatu…..dari cibaduyut saya langsung ke ciwidey naek angkutan
L300 jurusan Lw panjang-ciwidey(6000) ada juga bus yg keciwidey jurusan ciwidey-Lw panjang(5000) tapi saya sarankan lebih enak naek l300 lebih cepat dari pada bus karena bus terlalu banyak berhenti narikin penumpang kalau l300 dah penuh dari terminal ga perlu narikin penumpang lagi
sesampainya di terminal ciwidey saya naik ojek cari tempat penginapan biaya saya cari penginapan diatas yg dekat dengan objek wisata dan akhirnya diantarkan lah ketempat penginapannya
walau penginapannya sering keluar masuk yg cuma istirahat untuk KIMPOI tapi lumayan lah
biaya ojek(15000)
penginapan(70000)

dan karena saya sendiri dipenginapan sama penjaganya ditawarin mau ditemenin cewe ga!(hehehe busyet ogah dah)saya ga mau ditemenin,lalu saya ngobrol2 sama penjaganya ngobrolin objek wisata lah dan lainnya eh tiba2 ada anggota TNI gitu 3 orang dia mau nyewa tempat untuk istirahat maklum disitu di objek wisata rancabali lagi ada latihan militer
ternyata anggotan Tni itu adalah Kepala komando latihannya dan dia minta wanita untuk KIMPOI anggota TNI itu dah pesan sama tukang ojek daerah situ…hehehe tapi ternyata anggota TNI kuat di medan perang tapi lemah di ranjang yg saya liat Kepala komandonya itu masuk ke kamar jam 20.00 tapi belum ada setengah jam dah selesai…hehehehe
bukan anggota TNi aja ada juga yg datang memakai motor Plat merah dan masih memakai baju dinas…..heheh sapa tuh kurang tahu juga saya….
tapi setelah ngobrol2 sama penjaga hotel dia mau ngantar saya kesemua objek wisata di ciwidey besoknya yah cuma isikan bensin motornya 3 liter dan terserah kita mau kasih tip ke dia beapa kalau saya kasih ke dia 30ribu dan setiap tempat objek wisata yang dikunjungi(kawah putih,situ patenggang,pemandian dan kebun teh walini)saya tidak perlu beli tiket lagi…dan saya tidak mandi air hangat di pemandian umum tapi saya diajak kepemandian khusus dan cuman warga daerah situ saja yg tau ….
dan itu sumber dari air panasnya langsung……… nih foto2 nya…

kebun teh walini


pemandian air panas walini

obyek wisata situ patenggang

danau situ patenggang

Hotel penginapan saya

tempat mandi yang tau hanya warga situ

KaWah putih

sehabis dari situ saya balik lagi kebandung langsung menuju BABE(barang bekas) dan cihampelas….

sebenernya saya masih ada satu objek wisata lagi tapi tidak sempat kesana karena waktu yaitu Kawah “Saat” yang lebih atas lagi dari kawah putih kata orang sana
oke segitu dulu cerita saya bandung is the bestlah…..

untuk rincian biaya saya;

1.Ongkos kereta PP Jakarta-bandung-jakarta(100ribu)
2.St.hall-Dago turun terminal dago(3ribu),naek ojek ke lisung cafe(5000) dan balik ke terminal dagonya naek angkot(3ribu)
3.menuju lewi panjang tapi mampir dulu ke alun2 bandung DAGO-Kelapa(3000) trun diterminal kecil kelapa jalan dikit ke alun2 dan menuju lewi panjang naik Kelapa-lewi panjang(3000)
4.menuju ciwidey naik mobil L300 jurusan lw pjng-ciwidey(6000) naek ojek ketempat penginapan(15000),nyewa kamar(70000),,maen ketempat wisatanya memakai jasa penjaga penginapan isi bensin 3 liter(19500)
kasih tip ke pemandunya(penjaga penginapan)(30000) pulang menuju ke terminal ciwidey diantar juga…. lalu naek mobil L300 lagi menuju lewi panjang(6000)
5.dan lagi2 saya maen ke alun2 dulu jadi naek dari terminal lw pjg-kelapa(3000) dari kelapa ke cihampelas naek jurusan kelapa-Ledeng tapi ditengah jalan saya turun lagi karena mau mampir dulu ke BABE(barang bekas)
6.dari cihampelas ke stasiun hall naik angkot lagi (3000)

jadi jumlah pengeluaran saya diluar uang makan ialah 251ribu….
kalau berkenan cendol bandungnya yah…..

Tinggalkan Balasan

